Batik e-Commerce

Latar Belakang

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknikteknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.
Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak "Mega Mendung", di mana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.
Demi mendapatkan keuntungan yang lebih baik dan memberi pelayanan terbaik terhadap pelanggan, maka sebuah toko batik membuat suatu website yang dapat membantu pelanggan memilih batik yang sesuai dengan keinginan, serta menjangkau masyarakat yang tidak bisa menemui tokonya langsung.

Analisa

  • Time: 3 bulan
  • Cost:
    • Programmer : Rp. 1000.000,-/bulan
    • Domain: ~Rp. 150.000,-/tahun
    • Server: ~Rp. 2000.000,-/tahun
  • Scope:
    • Toko kain batik
    • Toko baju batik
    • Perajin kain batik
  • Feature
    • Pelanggan bisa memilih pola yang ingin dibeli
    • Pelanggan bisa memilih jenis kain yang ingin dibeli
    • Pelanggan bisa membeli tanpa mendatangi tokonya secara langsung

Comments

Popular Posts